Pentingnya Sejarah

pentingnya sejarah bagi kehidupan

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang mulai melupakan ilmu sejarah, teknologi-teknologi canggih semakin mempengaruhi mereka dalam menjalani kehidupan. Pemuda-pemuda tersebut menganggap bahwa sejarah merupakan ilmu yang tidak akan membawa perubahan berupa kemajuan di masa yang akan datang. Sayang sekali pikiran semacam itu semakin menggerogoti pola pikir pemuda, padahal sejarah merupakan akar dari segala ilmu yang mampu memberikan perubahan terhadap hal-hal yang lebih baik. Tanpa sejarah, tak akan ada ilmu lain yang berkembang dengan baik.

Setidaknya semua ilmu yang tersebar di muka bumi ini memiliki penyebab yang mendasari terbentuknya ilmu tersebut, dan penyebab itulah yang bisa kita sebut dengan sejarah. Inilah salah satu bukti bahwa segala ilmu memiliki hubungan dengan sejarah. Secara lebih jelas, misalnya ilmu ekonomi yang merupakan suatu ilmu yang mempelajari pola mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan) dalam kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tentunya keberadaan ilmu tersebut memiliki sejarah, seperti misalnya dahulu orang-orang yang berkeinginan untuk menukarkan sesuatu yang dimilikinya dengan orang lain sebagai sarana pemenuhan kebutuhan hidup maka terciptalah proses tukar menukar barang (baca: jual beli).


pentingnya sejarah

Seperti itulah sejarah memberikan pengaruh terhadap kehidupan. Untuk mendapat masa depan yang lebih baik, salah satu hal yang bisa di pelajari adalah sejarah. Suatu peristiwa yang pernah terjadi adalah sejarah, dan sejarah tak bisa diubah kecuali diciptakan suatu peristiwa serupa di masa yang akan datang, dan dari sejarah yang ada kita bisa memperbaiki hal-hal yang dirasa mampu membuat peristiwa tersebut menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Selanjutnya dengan pola pikir yang luas, seseorang yang mempelajari sejarah mampu menjadi orang yang bijaksana dalam menentukan sebuah keputusan, serta mampu menjadi seorang pemimpin yang baik.

Negara-negara adidaya seperti Amerika Serikat pun mengagungkan sejarah sebagai ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Tokoh proklamator yang sekaligus merupakan presiden pertama Republik Indonesia pun pernah berpesan dalam pidatonya bahwa “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah” atau yang biasa dikenal dengan istilah “Jas Merah”. Begitu pentingnya sebuah ilmu sejarah hingga seorang Ir. Soekarno pun mewanti-wanti supaya tak pernah dilupakan.

Jas Merah Jangan Sekali Kali Melupakan Sejarah

Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu puncak dari perjalanan sejarah perjuangan para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme. Oleh karena itu dalam perkembangannya, kita harus selalu berpacu pada sejarah disamping ilmu pengetahuan dan teknologi yang tengan berkembang saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Sejarah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel