-->

Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha Dari Awal Sampai Sekarang

Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha
Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha Dari Awal Sampai Sekarang
Sejarah universitas pendidikan ganesha dimulai dari kursus B-1 untuk menyediakan guru bahasa indonesia pada tahun 1955, kemudian dilanjutkan guru perniagaan pada tahun 1957 untuk tingkat SMA. Kemudian, dalam perkembangannya, tepat pada tahun 1962 kedua kursus B-1 tersebut digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Universitas Airlangga Surabaya.

Selang beberapa saat kemudian, masih pada tahun 1962, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Universitas Airlangga tersebut bergabung dengan Universitas  Udayana, Denpasar, Bali.  Belum berjalan sampai satu tahun penuh sebagai bagian dari Universits Udayana, tepatnya pada tahun 1963, FKIP telah lepas dari Universitas Udayana dan menjadi bagian dari IKIP Malang Cabang Singaraja.
Kemudian sejarah universitas pendidikan ganesha berlanjut dengan dibaginya FKIP menjadi dua fakultas yang berbeda pada tahun 1968, yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Hal tersebut juga membuat FKIP yang semula adalah bagian dari IKIP Malang Cabang Singaraja kembali menjadi bagian dari Universitas Udayana dengan dua nama fakultas baru tersebut.
Dalam perjalanannya, sejak tahun 1968 hingga tahun 1981, FKIP merupakan bagian dari Univeristas Udayana dengan dua nama fakultas yang berbeda tersebut. Kemudian, sejak tahun 1981, kedua fakultas tersebut, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan kembali disatukan menjadi FKIP, dan sejak saat hingga menginjak tahun 1993, FKIP masih menjadi salah satu fakultas di Universitas Udayana.
Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha; Berubah Ubah
Namun, sejak tahun 1993, FKIP kembali memisahkan diri dari Universitas Udayana dan menjadi STKIP Singaraja. Tahun 2001, STKIP Singaraja berubah nama menjadi IKIP Negeri Singaraja. Dalam perjalanan yang panjang tersebut, FKIP tidak lagi hanya menampung dua macam program pendidikan bahasa indonesia dan perniagaan, namun juga semakin bertambah program program yang lain.
Lalu, pada tahun 2006, barulah IKIP Negeri Singaraja tersebut kembali berubah menjadi Universitas Pendidikan Ganesha atau yang biasa disingkat Undiksha. Saat ini Undiksha menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Pulau Bali, tepatnya di Kota Singaraja yang memiliki beberapa fakultas seperti FBS, FEB, FIP, FIS, FTK, FMIPA, dan FOK. Itulah sejarah universitas pendidikan ganesha yang telah menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha Dari Awal Sampai Sekarang"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel