Apa Alasan Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Bangsa

alasan pentingnya pendidikan

Saat ini sudah banyak yang tahu apa alasan pentingnya pendidikan bagi masa depan. Tak seperti zaman dahulu, dimana orang-orang sama sebagian besar tak mengetahui manfaat pendidikan. Sehingga, sangat wajar jika pada akhirnya banyak orang-orang zaman dahulu yang hanya memiliki pendidikan yang rendah, bahkan tak pernah mengecap pendidikan sedikit pun.
Namun demikian, saat ini pendidikan adalah sesuatu yang telah diketahui faedahnya. Orang-orang tak lagi mengelak betapa pentingnya suatu pendidikan bagi masa depan. Banyak orangtua yang sebenarnya tak pernah mengecap rasa pendidikan di bangku sekolah sekalipun berlomba dan berjuang untuk memberikan pendidikan yang setinggi-tingginya kepada anak-anak mereka saat ini. Sehingga, sangat wajar jika saat ini tak banyak lagi anak-anak yang tak memiliki pendidikan formal.
Walau memang, pada kenyataannya masih ada orang-orang yang tak peduli dengan pendidikan, entah dengan alasan apapun.  Bisa jadi memang karena seseorang tersebut belum mengetahui alasan pentingnya pendidikan, atau bahkan telah tahu tetapi merasa tak membutuhkan, atau justru tak memiliki kesempatan karena berbagai hal yang menghalangi.
Bagaimana pun juga, pendidikan di masa sekarang adalah hal yang penting. Tak bisa dipandang sebagai sesuatu secara sebelah mata. Pendidikan adalah tangga yang bisa menjembatani seseorang mengubah hidup. Buktinya telah banyak. Anak-anak dengan tingkat pendidikan yang tinggi, mereka mampu mengubah kehidupan ekonomi keluarga, sebab dengan memiliki pendidikan yang tinggi, mereka dapat diterima dengan baik oleh dunia kerja, sehingga memiliki penghasilan yang mampu mengubah kehidupan.
Meski sesungguhnya materi bukanlah satu-satunya alasan pentingnya pendidikan bagi masa depan. Pendidikan yang tinggi dan baik memang mampu mengantarkan seseorang mendapatkan materi, tetapi hal itu hanyalah bonus semata, karena sesungguhnya orang-orang dengan pendidikan yang tinggi seharusnya lebih memprioritaskan kegunaan ilmu yang dimilikinya untuk kehidupan daripada untuk sekadar memperoleh materi.
Jika hal tersebut dilakukan, pada akhirnya orang-orang dengan pendidikan yang tinggi pasti akan mendapatkan kehidupan yang baik. Orang yang memanfaatkan ilmu-ilmunya untuk kehidupan masyarakat luas, maka akan mendapatkan materi yang cukup, sekaligus lingkungan yang baik. Oleh sebab itu, mari kita peduli dengan pendidikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Alasan Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Bangsa"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel