Beginilah Proses Terbentuknya Minyak Bumi yang Berlangsung Jutaan Tahun

proses terbentuknya minyak bumi
Proses terbentuknya minyak bumi membutuhkan waktu yang sangat panjang. Bahkan, proses tersebut tak bisa dilakukan dengan campur tangan manusia. Sehingga, hal ini menunjukkan bahwa minyak bumi adalah hasil alam atau yang biasa disebut sebagai sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Tidak seperti pohon yang apabila ditebang dapat ditanami kembali. Minyak bumi yang telah diambil, kelak tak dapat dibentuk kembali.
Perlu berjuta-juta tahun untuk membentuk minyak bumi. Oleh sebab itu, saat ini sebagai manusia yang memanfaatkan minyak bumi untuk mempermudah aktivitas dalam menjalani hidup ini sebaiknya kita memiliki sikap yang bijak untuk mempergunakan hasil pengolahan minyak bumi. Bahan baku yang saat ini kian menipis tersebut kelak akan menemui batasnya. Jika saat itu terjadi, tentu ada banyak pihak yang akan mengalami kesulitan.
Sebenarnya, bagaimanakah proses terbentuknya minyak bumi yang memakan waktu hingga berjuta-juta tahun tersebut? Jawabannya sebenarnya sangat singkat. Secara umum, atau intinya, minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil makhluk purba yang mengalami pembusukan salam berjuta-juta tahun tersebut. Makhluk-makhluk yang hidup di zaman purba tersebut mati dan kemudian terkubur oleh tanah selama berjuta-juta tahun. Akhirnya, menghasilkan minyak.
Dari sini tentu dapat diambil kesimpulan yang memperkuat bukti bahwa minyak bumi memang tak bisa dipernaharui lagi. Kalau pun bisa, perlu berjuta-juta tahun ke depan. Sebab, ‘bahan baku’ yang dapat membentuk minyak bumi tersebut harus terkubur dalam kurun waktu jutaan tahun.
Oleh sebab itu, saat ini kita semua perlu merefleksi diri dengan cara menggunakan hasil minyak bumi dengan cara yang bijak. Penggunaan bahan bakar untuk kendaraan seperti bensin, solar, dan sebagainya, misalnya. Jangan sampai berlebihan. Jika memang jarak yang hendak ditempuh masih cukup terjangkau, sebaiknya jalan kaki saja. Selain mengurangi polusi, juga merupakan salah satu bentuk penghematan terhadap minyak bumi.
Memang semuanya membutuhkan pembiasaan. Namun, bagaimana pun juga semua harus dilakukan mulai dari diri sendiri. Jika setiap orang mau menghemat minyak bumi dalam waktu tertentu, pasti persediaan minyak bumi yang kian menipis benar-benar akan menunjukkan perkembangan yang baik. Mari menghemat minyak bumi, sebab proses terbentuknya minyak bumi sangat lama, dan bisa dikatakan tak dapat diperbaharui lagi, kecuali seseorang mampu menunggu hingga jutaan tahun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beginilah Proses Terbentuknya Minyak Bumi yang Berlangsung Jutaan Tahun"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel