Bosan dengan Kamar yang Acak-Acakan? Begini Cara Menata Kamar Berukuran Kecil Agar Nyaman



menata kamar yang kecil
HIBERNASI -- Bagi sebagian besar orang, kamar adalah istana di rumah. Jik rumahku adalah istanaku, maka kamar adalah istananya istana. Sebuah ruangan paling nyaman yang ada di rumah. Nah, sebagai ruangan yang paling nyaman, bagaimana cara menata kamar agar benar-benar menjadi ruangan yang tidak membosankan?
Sebenarnya, menata kamar itu sangat mudah. Semua orang bisa melakukannya. Hanya saja, setiap orang pasti memiliki caranya masing-masing. Misalnya kamu, kamu pasti punya cara menata kamar kamu sendiri, tetapi belum tentu kamu bisa menata kamar orang lain. Sebab masing-masing kita memiliki karakter masing-masing yang tidak sama. Namun demikian, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu terapkan untuk menata kamar secara umum. Barangkali, hal ini bisa kamu terapkan untuk kamar kamu, jika kamu sedang bingung untuk menata kamar menjadi seperti apa.
Cara menata kamar ini sebenarnya sangat berkaitan dengan luas kamar tidur yang dimiliki. Kamar tidur yang luas, bagi sebagian orang sangat nyaman. Namun, tidak sedikit pula orang yang merasa lebih tenang jika berada di ruangan yang sempit sebagi kamar mereka.
Kamar yang sempit memang memiliki pesona tersendiri. Terlepas dari apa pun alasannya seseorang memilih membangun kamarnya yang sempit, entah karena keterbatasan dana atau memang karena sengaja, yang jelas setiap kamar memiliki karakternya masing-masing. Nah, jika kamu kebetulan memiliki kamar yang kecil atau sempit, beginilah cara untuk menatanya.
Menata Kamar dengan Memilih Furnitur yang Kecil
menata furnitur kecil
Pertama, untuk menata kamar yang kecil, kamu pun harus mengisi kamar kamu dengan furnitur yang kecil pula. Hal ini akan membuat isi kamarmu tampak lengkap, meski semuanya serba mini. Misalnya ranjang tidur, pilih yang single saja. Tidak perlu terlalu besar, yang penting cukup untuk badan kamu. Pun dengan perlengkapan yang lainnya.
Selain furnitur yang kecil, kamu juga harus memikirkan soal efisiensi, sehingga lebih baik jika kamu mengisi kamar dengan perlengkapan yang benar-benar diperlukan. Ketika kamu merasa tak terlalu perlu, dan hal itu bisa digantikan dengan benda lain, sebaiknya memang dikeluarkan dari kamar.
Misalnya, kamu bisa mengganti meja rias dengan meja belajar. Jika kebetulan kamu adalah seorang pelajar, meja belajar bisa kamu gunakan untuk belajar, sekaligus bercermin . Jadi kamu akan lebih hemat ruang, sebab meja rias yang tak terlalu dibutuhkan telah dikeluarkan. Pun dengan lemari dan lainnya, pilih barang seminimal mungkin, sesuai dengan kebutuhan kamu yang paling mendesak.
Pencahayaan adalah Kunci Menata Kamar
menata rak di kamar
Kamar kamu akan terlihat rapi atau tidak, selain dari kerapian itu sendiri, juga dikarenakan cahaya. Jadi memang peran cahaya dalam penataan kamar yang baik itu penting banget. Apalagi jika kamu memiliki kamar yang ukurannya kecil, cahaya akan membuatnya tampak tidak kumuh dan cerah.
Satu hal yang cukup urgen dalam penataan kamar terkait dengan pencahayaan ini adalah, keberadaan jendela. Kamar kamu yang kecil sebaiknya memang memiliki jendela sendiri, kalau bisa yng besar, yang bia dibuka. Jendela akan membuat pertukaran udara semakin baik, sekaligus memberikan penerangan alami yang luar biasa.
Jika kebetulan di bagian atap tak ada plafon, kamu bisa memanfaatkan beberapa genteng kaca untuk memberikan pencahayaan alami agar kamar kamu makin terang. Penggunaan lampu pun juga sangat dianjurkan untuk memberikan penerangan di malam hari.
Buat Tampat Penyimpanan untuk Penataan Kamar
pencahayaan di kamar yang kecil
Membuat tempat penyimpanan akan membuat kamar yang kecil makin tampak besar atau luas. Dengan demikian, kamar kamu pun akan makin tampak tertata dengan rapi. Nah, macam-macam tempat penyimpanan yang bisa kamu buat di antaranya adalah rak-rak untuk menempatkan buku-buku atau beberapa koleksi barang-barang yang kamu miliki.
Pasang saja semuanya di dinding, dan kalau bisa memang di bagian agak tinggi, supaya tak membuat bagian bawah makin sempit. Selain rak-rak dari kayu, kamu juga bisa membuat gntungan baju di dinding atau di balik pintu. Hal ini juga akan membuat kamar kamu tampak luas. Namun, tetap ingat ya, cara menata kamar yang baik tak boleh justru menampilkan banyak gantungan di sisi-sisi dinding.
Kamar yang indah adalah kamar yang nyaman. Buat apa mewah jika kamu nggak nyaman? Intinya, kamu adalah orang yang paling paham mau di bawa ke mana arah penataan kamar kamu. Kamu adalah raja atau ratu di kamar mu sendiri, jadi kamu bebas menata kamar sesuai dengan keinginan kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bosan dengan Kamar yang Acak-Acakan? Begini Cara Menata Kamar Berukuran Kecil Agar Nyaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel