Mari Kita Junjung Tinggi Bahasa Indonesia

cinta bahasa indonesia
Lahir dan dibesarkan di Indonesia tentu membuat saya mau tak mau harus mempelajari segala hal tentang Indonesia, termasuk salah satunya adalah bahasa Indonesia yang merupakan bahasa persatuan seperti yang terumus dalam isi sumpah pemuda pada 28 oktober 1928.
Saya sangat bangga menjadi salah satu dari ratusan juta penduduk yang memiliki bahasa ini. Tentu banyak sekali pengalaman yang pernah saya alami ketika saya mempelajari hingga mempraktikkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang saya pelajari sejak pra-sekolah, dalam hal ini berbagai aspek pengenalannya dikenalkan dalam lingkup keluarga sebagai sarana komunikasi di samping bahasa daerah tempat tinggal saya, yaitu bahasa jawa.
Selanjutnya bahasa Indonesia juga menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengah atas. Hal tersebut membuat saya menjadi semakin paham akan bahasa Indonesia, bukan hanya sebagai sarana komunikasi semata, tetapi juga sebagai media identitas bangsa yang sangat berharga.
Masa-masa sekolah mendidik saya untuk memahami penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar, hingga sampai saat ini bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa bahasa Indonesia merupakan salah satu kebanggaan Indonesia yang harus dilestarikan. Meskipun di samping bahasa Indonesia terdapat banyak sekali bahasa-bahasa daerah yang juga harus selalu diupayakan penggunaanya, sehingga tidak akan hilang seiring berjalannya waktu dan berkembangnya bahasa asing yang juga tak kalah penting untuk dipelajari.
sumpah pemuda cinta bahasa indonesia
Hingga kini, dalam dunia perkuliahan, bahasa Indonesia tetap menjadi salah satu mata kuliah yang wajib untuk dipelajari oleh seluruh mahasiswa program studi apa pun. Karena ini sangat berkaitan dengan intelektualitas seseorang dalam menyampaikan pendapatnya, baik secara lisan maupun tulisan.
Dalam kehidupan sehari-hari pun, saya sebagai anak kos—yang tinggal jauh dari daerah asal—harus berupaya menggunakan bahasa Indonesia sebagai media komunikasi terhadap sesama, karena dalam perantauan masing-masing orang berasal dari daerah yang berbeda-beda dan memiliki bahasa daerah yang berbeda-beda pula, sehingga bahasa Indonesia merupakan sarana pemersatu dalam hidup bersosialisasi.
Inilah salah satu fungsi nyata yang paling sederhana dari manfaat bahasa Indonesia yang kita miliki. Mari kita tetap junjung tinggi butir ketiga dari isi sumpah pemuda yang menyatakan, Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mari Kita Junjung Tinggi Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel