Jelaskan Bagaimana Keuntungan Indonesia yang Beriklim Tropis

Keuntungan Indonesia Beriklim Tropis
Keuntungan Indonesia Beriklim Tropis
Dalam beberapa mata pelajaran kerap muncul pertanyaan yang mempertanyakan jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis. Tentu saja pertanyaan itu bisa dikategorikan sebagai pertanyaan yang susah susah gampang, sebab tidak semua orang bisa menjawabnya dengan tepat walaupun sebenarnya mereka semua mengalami berbagai macam keuntungan yang disebabkan oleh keadaan iklim tropis tersebut.

Indonesia memang terletak di dataran bumi yang sangat menguntungkan, sebab selain berada di antara dua samudera terluas di dunia, Indonesia juga memiliki iklim yang cukup menguntungkan pula, yaitu iklim tropis. Meskipun iklim tersebut membuat Indonesia memiliki udara yang cenderung panas, namun di sisi lain ada banyak hal yang diuntungkan.
Iklim tropis yang berada di Indonesia tersebut disebabkan karena di Indonesia dilalui garis khatulistiwa, yang tepatnya melewati pulau kalimantan, sehingga jelas bahwa  dataran kalimantan memiliki iklim yang cenderung panas daripada wilayah wilayah yang lain di Indonesia. Sehingga dengan sedikit penjelasan tersebut semoga dapat menjadi pengantar yang baik untuk pertanyaan terkait jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis.
Keuntungan Indonesia Beriklim Tropis
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dimiliki oleh Indonesia akibat adanya iklim tropis yang mendominasi keadaan cuaca di suatu wilayah di tanah air.
1.    Mendapatkan Pencahayaan Matahari yang Cukup
Dengan berada di zona kawasan yang memiliki iklim tropis membuat Indonesia mendapatkan sinar matahari yang cukup dibandingkan dengan wilayah wilayah yang lain, sehingga hal tersebut sangat baik untuk kehidupan makhluk hidup.
2.    Mendapatkan Curah Hujan yang Cukup
Selain mendapatkan pencahayaan yang cukup dari sinar matahari, wilayah Indonesia yang beriklim tropis juga mendapatkan curah hujan yang cukup. Sehingga hal tersebut menjadi pengimbang terhadap sinar matahari. Kedaan tersebut membuat Indonesia menjadi wilayah yang cocok untuk melakukan kegiatan pertanian.
3.    Memiliki Beragam Flora dan Fauna
Kondisi iklim tropis di Indonesia juga membuat negeri ini menjadi negeri yang memiliki berbagai macam jenis flora dan fauna, hal tersebut disebabkan karena berbagai macam tumbuhan dan hewan tersebut mampu menyesuaikan diri dengan iklim yang tropis, sehingga terhindar dari ancaman kepunahan.
Demikianlah beberapa jawaban atas pertanyaan jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis. Sebenarnya masih ada banyak keuntungan yang lain dari adanya iklim tropis tersebut, maka dari itu berbahagialah hidup di wilayah Indonesia.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Jelaskan Bagaimana Keuntungan Indonesia yang Beriklim Tropis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel