[Belajar Bahasa Korea] Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Korea Secara Formal

memperkenalkan diri dengan bahasa korea

HIBERNASI -- Bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Korea? Perkenalan diri (자기소개 dibaca: jagisogae) dengan menggunakan bahasa Korea bisa dilakukan dengan beberapa cara. Mulai dari dengan cara formal dengan menggunakan kalimat-kalimat percakapan formal atau dengan menggunakan kalimat percakapan informal (반말 dibaca: banmal). Untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan kalimat formal, maka harus dilakukan dengan menggunakan kata 입니다 (dibaca: imnida).

Dalam bahasa Indonesia, kata입니다berarti “adalah”.
Kata ‘입니다’ digunakan pada situasi formal dan biasanya merupakan predikat kalimat yang menunjukkan informasi subjek. Kata ‘입니다’ ditempelkan di belakang kata benda yang juga mempunyai fungsi meninggikan lawan bicara.

Contoh:
Untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia, bisanya seseorang akan menyebutkan nama dengan kalimat semacam ini: “Nama saya adalah Rihan”.

Dalam bahasa Korea, susunan kalimat untuk memperkenalkan diri sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia. Diawali dengan penyebutan subjek + informasi subjek +입니다.

Indonesia --> Nama saya adalah Rihan.
Korea --> 제이름은 리한 입니다 (dibaca: je ireumeun Rihan imnida).
Kalimat ini jika di artikan satu per satu menjadi “nama saya” + “Rihan” + “adalah” sehingga jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sesuai kaidah menjadi “Nama saya adalah Rihan”.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Inti dari pelajaran ini adalah bahwa kata입니다 selalu ditempatkan di akhir kalimat, dimaka kata tersebut akan memberikan makna “adalah” atau sekadar sebagai penegas bahwa seseorang sedang berbicara dengan cara formal. []

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Belajar Bahasa Korea] Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Korea Secara Formal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel